Senin, 19 November 2012

Senin, 19 November 2012 
 
  
TEKNOLOGI - SAINS
Kamis, 30 Agustus 2012 , 11:15:00

TOKYO – Pengguna motor tak perlu takut kendaraannya ngadat atau mogok karena kehabisan bahan bakar. Apalagi, jika mogok di jalanan sepi atau bahkan di kawasan dekat hutan.

Sebuah perusahaan pembuat toilet Jepang meluncurkan sepeda motor berbahan bakar kotoran atau limbah dari buang hajat di Tokyo kemarin (29/8). Motor yang ramah lingkungan tersebut dinamakan Toilet Bike Neo.

Dijuluki sebagai kendaraan bertenaga kotoran pertama, motor roda tiga itu dilengkapi toilet duduk. Toilet tersebut terpasang pada jok atau tempat duduk pengendara. Ada juga gulungan tisu berukuran raksasa di belakang kursi atau jok motor.

Dalam peluncuran dan kampanye kendaraan itu kemarin, seorang model menguji coba dengan mengendarainya di kawasan Omiya, pinggiran Tokyo. Toto, selaku perusahaan pembuat kendaraan itu, menyebut bahwa tidak diperlukan bensin atau bahan bakar minyak lainnya untuk menjalankan motor tersebut.

’’Kami menggunakan biogas untuk menjalankan motor tersebut.  Tetapi, itu bukan berasal dari kotoran manusia, melainkan kotoran ternak dan limbah lain,’’ terang Kenji Fujita, juru bicara perusahaan, kepada wartawan. ’’Kami berharap bisa meningkatkan kepedulian dan kampanye hijau melalui pengembangan produk ramah lingkungan,’’ tambahnya.

Kendaraan tersebut dilaporkan bisa berjalan sejauh 300 kilometer. Kelak, bukan mustahil, kotoran manusia juga bisa digunakan untuk bahan bakar motor itu. Jadi, cukup buang hajat sambil duduk di jok jika motor kehabisan bahan bakar. (AFP/cak/dwi)

RELATED NEWS

Komentar (1)

Nama :
Email :
Komentar :
    1. 01.09.2012,
      13:17
      Maribak Panjaitan
      mannnttteeeeppp...
      Creative idea
    Advertisement
     
    Advertisement
    Reuni SMP Negeri 1 Seririt, Buleleng BaliTry Out Akbar SMA se-Muratara 2011
    Talk Shaw Nasional dan Silaturrahim Akbar Alumni MAN 1 MedanKunjungan FKMB IAIN Sunan Ampel Surabaya
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar