Sabtu, 13 Oktober 2012

Keunggulan Motor Injeksi Dibanding Karburator


Banyak keuntungan yang didapat dengan teknologi PGM-FI.


Vario Techno 125 Programme Fuel Injection (PGM-FI)
Vario Techno 125 Programme Fuel Injection (PGM-FI)(VIVAnews/Randi Aditya)
VIVAnews - Seiring dengan rencana pemerintah untuk regulasi standar emisi gas buang Euro 3 pada 2013. PT. Astra Honda Motor (AHM), sebagai agen pemegang merek (APM) sepeda motor Honda di Indonesia, mengadakan workshop teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) kepada wartawan dan mekanik Honda.

Diketahui, AHM saat ini memiliki teknologi Programme Fuel Injection (PGM-FI), pada varian Honda Supra X 125, Spacy, Vario techno dan CBR 150 dan 250, menggunakan teknologi PGM-FI sejak tahun 2005 pada Supra X 125.

Technical Training Department Head AHM, Handy Hariko mengatakan bahwa banyak keuntungan yang didapat dengan teknologi PGM-FI. "Teknologi ini lebih irit bahan bakar, mudah perawatan, ramah lingkungan, dan performa lebih baik," ujar Handy.

Rahasianya, kata dia, partikel bahan bakar lebih kecil dan rapat dengan udara sehingga terbakar lebih sempurna. Sementara partikel bahan bakar karburator lebih besar dan kurang homogen dengan udara.

Prinsip kerja injeksi pada motor memiliki input Throttle Position sensor, engine oil temperature, Ignition Pulse generator (CKP) position dan udara (O2) sensor yang memberikan umpan balik untuk disalurkan ke injector.
"Teknologi PGM-FI pada Honda, memberi kemudahan dibandingkan dengan sistem bahan bakar karburator," kata Handy. (adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar